A. Selayang Pandang
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Paron merupakan sekolah yang berlandaskan Islam (setara dengan SMP). Madrasah yang beralamatkan di Jalan Raya Ngawi - Jogorogo Km. 17 atau berlokasi di tengah-tengah Desa Gentong Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi ini telah beberapa kali berpindah lokasi, dan lokasi yang sekarang ini merupakan lokasi yang sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar siswa karena berada di daerah yang jauh dari kebisingan, berhawa sejuk dan berudara segar sehingga memacu siswa untuk lebih mudah menerima dan memahami pelajaran yang disampaikan oleh bapak / ibu guru.
Pergantian tonggak kepemimpinan menjadikan MTsN 2 Paron semakin menunjukkan kemajuan yang pesat, hal tersebut terlihat dari program yang di canangkan oleh Bapak Kepala Madrasah dengan membuka program kelas baru, yakni Program Kelas Unggulan Akselerasi. Dalam rangka pelaksanaan Program Kelas Akselerasi tersebut ada beberapa komponen yang harus dilakukan, diantaranya pemenuhan sarana, peberdayaan sumber daya manusia dan pembangunan kultur di madrasah menjadi salah satu fokus madrasah. Pelaksanaan Program Kelas Unggulan Akselerasi merupakan tantangan yang tidak ringan yang harus dijawab oleh warga madrasah, hal ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran ekstra keras. Diharapkan beberapa tahun mendatang, MTsN 2 PARON sudah dapat setara dengan sekolah-sekolah unggulan di tingkat nasional bahkan internasional.
Di MTsN 2 Paron siswa dituntut untuk dapat memiliki kemantapan aqidah, kekhusukan ibadah (Spiritual Quotient), keluasan IPTEK (Intelegency Quotient), dan keluhuran akhlaq (Emotional Quotient), sehubungan hal tersebut setiap kali masuk kelas dan mengalami pelajaran, siswa selalu dibiasakan untuk berdo'a dan dilanjutkan mengaji secara bersama-sama. Begitu juga sebaliknya ketika pulang, siswa dibiasakan untuk berdo'a.
B. Sejarah Singkat MTsN 2 Paron
Secara kronologis perjalanan sejarah berdirinya MTsN 2 Paron dapat diuraikan sebagai berikut:
Pada tahun 1970 didirikan sebuah lembaga pendidikan guru agama yang bernama PGA 4 Tahun Raden Patah. berlokasi di Dusun Kauman Desa Gentong Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Selanjutnya pada tahun 1978, PGA tersebut berubah status menjadi PGA Negeri 4 Tahun, berdasar Surat Keputusan Menteri Agama tentang Relokasi Madrasah Negeri dan Pendidikan Guru Agama Negeri Nomor 27 Tahun 1980 Tanggal 21 Mei 1980. Di tahun 1982 terbit Surat Keputusan tentang Pembentukan Kelas Jauh (Fillial), yaitu MTsN Ngawi Fillial di Gentong, dengan SK Nomor : Wm./I-b/2153/SK/1982 tanggal 12 Juni 1982. Pada tahun 1997 Menteri Agama mengeluarkan SK tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah Nomor : 107 Tahun 1997 tanggal 17 Maret 1997, Nama MTsN Ngawi Fillial di Gentong berubah menjadi MTsN Gentong, yang selanjutnya berubah lagi menjadi MTsN Paron 2. Dan akhirnya pada tahun 2003 sampai sekarang nama madrasah menjadi MTsN 2 Paron.
C. Visi dan Misi MTsN 2 Paron
Visi MTsN 2 Paron adalah " IMAN DAN TAQWA, UNGGUL DALAM PRESTASI, CINTA SESAMA DAN BERSIH LINGKUNGAN".
Misi MTsN 2 Paron adalah :
Menumbuhkan sikap dan amaliah keagamaan Islam
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara optimal sesuai dengan potensi bakat dan minat yang dimiliki
Menumbuhkan semangat dan budaya mutu secara terus menerus kepada seluruh warga madrasah untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik
Menciptakan budaya kekeluargaan dan kasih sayang kepada sesama
Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, sehat, rimbun, nyaman dan indah
Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
D. Sarana dan Prasarana
Fasilitas yang diberikan madrasah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa-siswi MTsN 2 Paron diantaranya:
Gedung milik sendiri
Masjid
Laboratorium IPA, Bahasa, dan Komputer
Perpustakaan
Koperasi
UKS
Lapangan Olahraga (Bola Volly, Basket, Atletik, dll)
Hot Spot
Ruang kelas menggunakan LCD Proyektor dan ber-AC *)
Ekstrakurikuler (Pramuka, Drumb Band, Bola Volly, Bola Basket, Sepak Bola, PMR, Pecinta Alam, KIR, Seni Baca Al-Qur'an dan Kaligrafi
Kantin
E. Tujuan MTsN 2 Paron
Meningkatkan kompetensi guru yang memenuhi standart kelayakan dalam persiapan dan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi
Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan berdasarkan jiwa Islami
Meningkatkan rata-rata nilai Ujian Nasional dan Ujian Madrasah
Meningkatkan prestasi Karya Ilmiah Remaja di Madrasah
Perbaikan sarana prasarana yang memadai
Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan daya kreativitas dan kepedulian sosial
Memiliki ketrampilan bidang komputer dan internet
Meningkatkan prestasi bidang olahraga dan seni tingkat kabupaten
F. Mimpi-mimpi MTsN 2 Paron Menuju Prestasi Gemilang
MTsN 2 Paron telah merumuskan Visi, Misi dan tradisi yang dikembangkan. Rumusan tersebut dibuat dalam upaya memberikan arah motivsi dan kekuatan gerak bagi seluruh jajaran yang terlibat dalam pengambangan MTsN 2 Paron untuk lebih melengkapi dan memperkokoh apa yang telah dirumuskan Visi, Misi dan tradisi MTsN 2 Paron tersebut,kami merumuskan arah kebijakan pengembangan program-program prasyarat bagi perkembangan MTsN 2 Paron secara cepat pilar-pilar Madrsah yang harus dibangun. Rumusan ini dibuat dengan pemikiran yang mendalam seiring dengan cita-cita MTsN 2 Paron yaitu menjadi Madrasah dengan prestasi yang gemilang. Amin.
Prasyarat MTsN 2 Paron berkembang dengan cepat
1. Visi dan Misi dipahami dan diperjuangkan oleh semua
2. Terbangun loyalitas dan integritas yang kukuh
3. Semua sanggup bekerja keras dan profesional
4. Primordialisme dapat ditekan serendah mungkin
5. Jiwa kebersamaan dimiliki oleh semua pihak
6. Berani menghadapi resiko dan berpegang pada komitmen
7. Mampu menghargai pikiran dan perasaan orang lain
8. Jujur, terbuka, berani dan konsisten (istiqomah)
9. Mengenal dan adaptif terhadap tuntutan masyarakat yang dinamis
Pilar-pilar MTsN 2 Paron Yang Harus Dibangun
1. Sumber daya manusia unggul
2. Masjid yang hidup dan semarak
3. Sebagai pusat pengambangan spiritual, intelektual dan jiwa profesional
4. Perpustakaan
5. Laboratorium sebagai wahana penelitian
6. Ruang belajar
7. Perkantoran sebagai pusat pelayanan akademik
8. Pusat-pusat pengembangan seni dan olahraga
9. Sumber pendanaan yang luas dan kuat
Interaksi Warga MTsN 2 Paron
1. Membangun kekukuhan silaturahmi
2. Saling memahami, menghormati, menghargai, kasih sayang dan bekerjasama
3. Saling memperkukuh dan mempromosikan
4. Saling menasehati dan mengingatkan
5. Saling berusaha memberi manfaat untuk kebaikan
Arah Pengembangan MTsN 2 Paron
1. Menjadi insan penyandang ilmu pengetahuan
2. Memiliki pikiran yang cerdas
3. Memiliki pandangan dan pendengaran yang tajam
4. Memiliki hati yang lembut (karakter, pribadi, dan akhlaq yang luhur)
5. Memiliki jiwa pejuang yang tangguh untuk membela kebenaran, kejujuran, keadilan, harkat, dan martabat kemanusiaan
Cara Pandang Terhadap Siswa
1. Bibit pemimpin umat masa depan
2. Kualitas mereka adalah cermin hasil karya para guru dan karyawan
3. Bakat, minat dan tingkat perkembangan mereka variatif
4. Berasal dari latar belakang sosial dan budaya yang berbeda
5. Menjadi tumpuan harapan orang tua, keluarga dan masyarakat
6. Mereka adalah amanah untuk dididik agar memiliki kepribadian, karekter dan akhlaq yang luhur
7. Mereka membutuhkan ketauladanan dan perhatian
Cara Memandang Sunber Daya Manusia
1. Mereka adalah manusia yang memiliki harpan, cita-cita, tanggung jawab, harga diri dan juga memiliki sifat lupa dan keliru / salah
2. Mereka adalah aset yang membutuhkan pengembangan dan peningkatan
3. Mereka menginginkan aku-nya diakui
4. Mereka membutuhkan rasa aman
5. Mereka membutuhkan didengarkan aspirasinya
6. Mereka memiliki harapan masa depan
7. Mereka tidak suka dianggap lemah dan ditinggalkan
Sumber Pendanaan
1. Bantuan Pemerintah
2. Sumbangan masyarakat melalui Wali Murid
3. Usaha profesional seperti membangun percetakan, penjual jasa, konsultan, pertanian, dll
4. Bantuan lain yang tidak mengikat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri
Lingkup Manajemen Islam
1. Membangun keyakinan dan komitmen
2. Menumbuhkembangkan gagasan
3. Memberdayakan
4. Meningkatkan kualitas layanan
5. Memfasilitasi
6. Mengontrol dan mengevaluasi
7. Membangun budaya unggul
8. Memuaskan konsumen
Produk Manajemen Unggul
1. Produktifitas tinggi
2. Bersungguh-sungguh, tanggung jawab, dan diliputi oleh suasana kasih sayang
3. Tegas tetapi toleran atas dasar kemanusiaan
4. Kebersamaan dalam melakukan kebaikan dan peningkatan kualitas pengabdian
5. Saling menghormati danmenghargai
6. Ikhlas, tawakal, jujur, sabar, dan istiqomah
7. Kreatif dan dinamis menuju kesempurnaan
Pendekatan yang Dilakukan
1. Dikembangkan ketauladanan
2. Maw’izah hasanah (memberi peringatan dengan cara ma’ruf dan himah)
3. Tawshiyah
3. Musyawarah
4. Debat dengan cara baik
5. Pembiasaan dan disiplin
6. Berlomba dalam kebaikan
Problem Siswa
1. Sebagian besar berasal dari sosial ekonomi menengah ke bawah
2. Tradisi membaca dan menulis belum menonjol
3. Beban psikoligis ketergantungan keluarga tinggi
4. Harapan keluarga dirasakan cukup tinggi
5. Lapangan kerja dirasakan kurang prospektif
6. Syarat pengaruh yang beragam dan kuat
7. Berada pada awal kematangan psikologis
Hal-hal yang Harus Dihindari
1. Bersikap otoriter dan sok kuasa
2. Merasa paling unggul dan penting
3. Tertutup, subyektif dan emosional
4. Mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok
5. Inefisien
6. Konflik disfungsional
7. Suasana transaksional dalam segala hal
Cara Pandang Terhadap Karyawan
1. Mereka memerlukan disapa dan dihargai
2. Mereka memerlukan peningkatan kesejahteraan hidup
3. Mereka memerlukan aku-nya diakui
4. Mereka memiliki harapan masa depan yang lebih baik
5. Mereka memerlukan ketauladanan
6. Mereka memerlukan keterbukaan dan diperlakukan secara adil dan jujur
7. Mereka sanggup bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya
8. Mereka memiliki tanggung jawab yang tinggi
9. Mereka memiliki beban keluarga yang cukup berat
10. Mereka memerlukan perhatian dan bantuan untuk memecahkan problem kehidupannya
Untuk Memenangkan Kompetisi MTsN 2 Paron Harus Memiliki Keunggulan
1. Unggul kepribadiannya
2. Unggul tenaga pengajarnya
3. Unggul program-program yang dikembangkan
4. Unggul manajeman dan leadership-nya
5. Unggul metode pendidikan dan pengajarannya
6. Unggul penampilannya
7. Unggul karya-karya akademiknya
8. Unggul dalam jaringan networking
9. Unggul produk atau lulusannya
Prasyarat Guru Unggul dan Berwibawa
1. Komitmen dan integritas yang tinggi terhadap ilmu yang disandang
2. Karya-karya akademik (tulisan ilmiah dan hasil penelitian) berkualitas tinggi
3. Berpendidikan dan jabatan akademik puncak
4. Jujur, terbuka, dan berdisiplin tinggi
5. Bertanggung jawab terhadap pengembangan lembaga
6. Jaringan kerja (networking) luas, baik inter dan antar ilmuwan
Indikator Komitmen dan Integritas Tinggi
1. Senantiasa menjaga kualitas kerja
2. Kesediaan berkorban membela nama baik lembaga
3. Memiliki rasa memiliki lembaga yang tinggi
4. Selalu memberikan nilai lebih
5. Memposisikan diri sebagai tauladan (uswah hasanah)
Program MTsN 2 Paron
1. Menjadikan madrasah yang bersih, rapi, asri, dan indah
2. Meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja
3. Meningkatkan kualitas akademik
4. Meningkatkan kualitas pelayanan (efektif dan efisien)
5. Meningkatkan spiritualitas, akhlaq dan tatakrama
6. Peningkatan kemampuan berbahasa arab dan inggris
7. Membangun jaringan kerjasama yang semakin luas
8. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan
9. Menyempurnakan dan memperkukuh kelembagaan
10. Meningkatkan kegiatan penelitian, penulisan dan pengabdian kepada masyarakat
11. Memperluas sumber pendanaan dan peningkatan efisiensi
12. Mencari alternatif peningkatan kesejahteraan bersama
Indikator Mimpi MTsN 2 Paron Terwujud
1. Terhindar dari segala penyakit
2. Pandai bersyukur atas nikmat
3. Berbahagia jik aorang lain memperoleh nikmat dan sebaliknya
4. Selalu bersikap baik sangka (husnudzon) dan tidak suka mencurigai orang lain
5. Terhindar dari sikap dengki, iri hati dan pendendam
6. Lapang dada dan pemaaf
7. Muklis
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Paron merupakan sekolah yang berlandaskan Islam (setara dengan SMP). Madrasah yang beralamatkan di Jalan Raya Ngawi - Jogorogo Km. 17 atau berlokasi di tengah-tengah Desa Gentong Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi ini telah beberapa kali berpindah lokasi, dan lokasi yang sekarang ini merupakan lokasi yang sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar siswa karena berada di daerah yang jauh dari kebisingan, berhawa sejuk dan berudara segar sehingga memacu siswa untuk lebih mudah menerima dan memahami pelajaran yang disampaikan oleh bapak / ibu guru.
Pergantian tonggak kepemimpinan menjadikan MTsN 2 Paron semakin menunjukkan kemajuan yang pesat, hal tersebut terlihat dari program yang di canangkan oleh Bapak Kepala Madrasah dengan membuka program kelas baru, yakni Program Kelas Unggulan Akselerasi. Dalam rangka pelaksanaan Program Kelas Akselerasi tersebut ada beberapa komponen yang harus dilakukan, diantaranya pemenuhan sarana, peberdayaan sumber daya manusia dan pembangunan kultur di madrasah menjadi salah satu fokus madrasah. Pelaksanaan Program Kelas Unggulan Akselerasi merupakan tantangan yang tidak ringan yang harus dijawab oleh warga madrasah, hal ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran ekstra keras. Diharapkan beberapa tahun mendatang, MTsN 2 PARON sudah dapat setara dengan sekolah-sekolah unggulan di tingkat nasional bahkan internasional.
Di MTsN 2 Paron siswa dituntut untuk dapat memiliki kemantapan aqidah, kekhusukan ibadah (Spiritual Quotient), keluasan IPTEK (Intelegency Quotient), dan keluhuran akhlaq (Emotional Quotient), sehubungan hal tersebut setiap kali masuk kelas dan mengalami pelajaran, siswa selalu dibiasakan untuk berdo'a dan dilanjutkan mengaji secara bersama-sama. Begitu juga sebaliknya ketika pulang, siswa dibiasakan untuk berdo'a.
B. Sejarah Singkat MTsN 2 Paron
Secara kronologis perjalanan sejarah berdirinya MTsN 2 Paron dapat diuraikan sebagai berikut:
Pada tahun 1970 didirikan sebuah lembaga pendidikan guru agama yang bernama PGA 4 Tahun Raden Patah. berlokasi di Dusun Kauman Desa Gentong Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Selanjutnya pada tahun 1978, PGA tersebut berubah status menjadi PGA Negeri 4 Tahun, berdasar Surat Keputusan Menteri Agama tentang Relokasi Madrasah Negeri dan Pendidikan Guru Agama Negeri Nomor 27 Tahun 1980 Tanggal 21 Mei 1980. Di tahun 1982 terbit Surat Keputusan tentang Pembentukan Kelas Jauh (Fillial), yaitu MTsN Ngawi Fillial di Gentong, dengan SK Nomor : Wm./I-b/2153/SK/1982 tanggal 12 Juni 1982. Pada tahun 1997 Menteri Agama mengeluarkan SK tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah Nomor : 107 Tahun 1997 tanggal 17 Maret 1997, Nama MTsN Ngawi Fillial di Gentong berubah menjadi MTsN Gentong, yang selanjutnya berubah lagi menjadi MTsN Paron 2. Dan akhirnya pada tahun 2003 sampai sekarang nama madrasah menjadi MTsN 2 Paron.
C. Visi dan Misi MTsN 2 Paron
Visi MTsN 2 Paron adalah " IMAN DAN TAQWA, UNGGUL DALAM PRESTASI, CINTA SESAMA DAN BERSIH LINGKUNGAN".
Misi MTsN 2 Paron adalah :
Menumbuhkan sikap dan amaliah keagamaan Islam
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara optimal sesuai dengan potensi bakat dan minat yang dimiliki
Menumbuhkan semangat dan budaya mutu secara terus menerus kepada seluruh warga madrasah untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik
Menciptakan budaya kekeluargaan dan kasih sayang kepada sesama
Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, sehat, rimbun, nyaman dan indah
Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
D. Sarana dan Prasarana
Fasilitas yang diberikan madrasah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa-siswi MTsN 2 Paron diantaranya:
Gedung milik sendiri
Masjid
Laboratorium IPA, Bahasa, dan Komputer
Perpustakaan
Koperasi
UKS
Lapangan Olahraga (Bola Volly, Basket, Atletik, dll)
Hot Spot
Ruang kelas menggunakan LCD Proyektor dan ber-AC *)
Ekstrakurikuler (Pramuka, Drumb Band, Bola Volly, Bola Basket, Sepak Bola, PMR, Pecinta Alam, KIR, Seni Baca Al-Qur'an dan Kaligrafi
Kantin
E. Tujuan MTsN 2 Paron
Meningkatkan kompetensi guru yang memenuhi standart kelayakan dalam persiapan dan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi
Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan berdasarkan jiwa Islami
Meningkatkan rata-rata nilai Ujian Nasional dan Ujian Madrasah
Meningkatkan prestasi Karya Ilmiah Remaja di Madrasah
Perbaikan sarana prasarana yang memadai
Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan daya kreativitas dan kepedulian sosial
Memiliki ketrampilan bidang komputer dan internet
Meningkatkan prestasi bidang olahraga dan seni tingkat kabupaten
F. Mimpi-mimpi MTsN 2 Paron Menuju Prestasi Gemilang
MTsN 2 Paron telah merumuskan Visi, Misi dan tradisi yang dikembangkan. Rumusan tersebut dibuat dalam upaya memberikan arah motivsi dan kekuatan gerak bagi seluruh jajaran yang terlibat dalam pengambangan MTsN 2 Paron untuk lebih melengkapi dan memperkokoh apa yang telah dirumuskan Visi, Misi dan tradisi MTsN 2 Paron tersebut,kami merumuskan arah kebijakan pengembangan program-program prasyarat bagi perkembangan MTsN 2 Paron secara cepat pilar-pilar Madrsah yang harus dibangun. Rumusan ini dibuat dengan pemikiran yang mendalam seiring dengan cita-cita MTsN 2 Paron yaitu menjadi Madrasah dengan prestasi yang gemilang. Amin.
Prasyarat MTsN 2 Paron berkembang dengan cepat
1. Visi dan Misi dipahami dan diperjuangkan oleh semua
2. Terbangun loyalitas dan integritas yang kukuh
3. Semua sanggup bekerja keras dan profesional
4. Primordialisme dapat ditekan serendah mungkin
5. Jiwa kebersamaan dimiliki oleh semua pihak
6. Berani menghadapi resiko dan berpegang pada komitmen
7. Mampu menghargai pikiran dan perasaan orang lain
8. Jujur, terbuka, berani dan konsisten (istiqomah)
9. Mengenal dan adaptif terhadap tuntutan masyarakat yang dinamis
Pilar-pilar MTsN 2 Paron Yang Harus Dibangun
1. Sumber daya manusia unggul
2. Masjid yang hidup dan semarak
3. Sebagai pusat pengambangan spiritual, intelektual dan jiwa profesional
4. Perpustakaan
5. Laboratorium sebagai wahana penelitian
6. Ruang belajar
7. Perkantoran sebagai pusat pelayanan akademik
8. Pusat-pusat pengembangan seni dan olahraga
9. Sumber pendanaan yang luas dan kuat
Interaksi Warga MTsN 2 Paron
1. Membangun kekukuhan silaturahmi
2. Saling memahami, menghormati, menghargai, kasih sayang dan bekerjasama
3. Saling memperkukuh dan mempromosikan
4. Saling menasehati dan mengingatkan
5. Saling berusaha memberi manfaat untuk kebaikan
Arah Pengembangan MTsN 2 Paron
1. Menjadi insan penyandang ilmu pengetahuan
2. Memiliki pikiran yang cerdas
3. Memiliki pandangan dan pendengaran yang tajam
4. Memiliki hati yang lembut (karakter, pribadi, dan akhlaq yang luhur)
5. Memiliki jiwa pejuang yang tangguh untuk membela kebenaran, kejujuran, keadilan, harkat, dan martabat kemanusiaan
Cara Pandang Terhadap Siswa
1. Bibit pemimpin umat masa depan
2. Kualitas mereka adalah cermin hasil karya para guru dan karyawan
3. Bakat, minat dan tingkat perkembangan mereka variatif
4. Berasal dari latar belakang sosial dan budaya yang berbeda
5. Menjadi tumpuan harapan orang tua, keluarga dan masyarakat
6. Mereka adalah amanah untuk dididik agar memiliki kepribadian, karekter dan akhlaq yang luhur
7. Mereka membutuhkan ketauladanan dan perhatian
Cara Memandang Sunber Daya Manusia
1. Mereka adalah manusia yang memiliki harpan, cita-cita, tanggung jawab, harga diri dan juga memiliki sifat lupa dan keliru / salah
2. Mereka adalah aset yang membutuhkan pengembangan dan peningkatan
3. Mereka menginginkan aku-nya diakui
4. Mereka membutuhkan rasa aman
5. Mereka membutuhkan didengarkan aspirasinya
6. Mereka memiliki harapan masa depan
7. Mereka tidak suka dianggap lemah dan ditinggalkan
Sumber Pendanaan
1. Bantuan Pemerintah
2. Sumbangan masyarakat melalui Wali Murid
3. Usaha profesional seperti membangun percetakan, penjual jasa, konsultan, pertanian, dll
4. Bantuan lain yang tidak mengikat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri
Lingkup Manajemen Islam
1. Membangun keyakinan dan komitmen
2. Menumbuhkembangkan gagasan
3. Memberdayakan
4. Meningkatkan kualitas layanan
5. Memfasilitasi
6. Mengontrol dan mengevaluasi
7. Membangun budaya unggul
8. Memuaskan konsumen
Produk Manajemen Unggul
1. Produktifitas tinggi
2. Bersungguh-sungguh, tanggung jawab, dan diliputi oleh suasana kasih sayang
3. Tegas tetapi toleran atas dasar kemanusiaan
4. Kebersamaan dalam melakukan kebaikan dan peningkatan kualitas pengabdian
5. Saling menghormati danmenghargai
6. Ikhlas, tawakal, jujur, sabar, dan istiqomah
7. Kreatif dan dinamis menuju kesempurnaan
Pendekatan yang Dilakukan
1. Dikembangkan ketauladanan
2. Maw’izah hasanah (memberi peringatan dengan cara ma’ruf dan himah)
3. Tawshiyah
3. Musyawarah
4. Debat dengan cara baik
5. Pembiasaan dan disiplin
6. Berlomba dalam kebaikan
Problem Siswa
1. Sebagian besar berasal dari sosial ekonomi menengah ke bawah
2. Tradisi membaca dan menulis belum menonjol
3. Beban psikoligis ketergantungan keluarga tinggi
4. Harapan keluarga dirasakan cukup tinggi
5. Lapangan kerja dirasakan kurang prospektif
6. Syarat pengaruh yang beragam dan kuat
7. Berada pada awal kematangan psikologis
Hal-hal yang Harus Dihindari
1. Bersikap otoriter dan sok kuasa
2. Merasa paling unggul dan penting
3. Tertutup, subyektif dan emosional
4. Mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok
5. Inefisien
6. Konflik disfungsional
7. Suasana transaksional dalam segala hal
Cara Pandang Terhadap Karyawan
1. Mereka memerlukan disapa dan dihargai
2. Mereka memerlukan peningkatan kesejahteraan hidup
3. Mereka memerlukan aku-nya diakui
4. Mereka memiliki harapan masa depan yang lebih baik
5. Mereka memerlukan ketauladanan
6. Mereka memerlukan keterbukaan dan diperlakukan secara adil dan jujur
7. Mereka sanggup bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya
8. Mereka memiliki tanggung jawab yang tinggi
9. Mereka memiliki beban keluarga yang cukup berat
10. Mereka memerlukan perhatian dan bantuan untuk memecahkan problem kehidupannya
Untuk Memenangkan Kompetisi MTsN 2 Paron Harus Memiliki Keunggulan
1. Unggul kepribadiannya
2. Unggul tenaga pengajarnya
3. Unggul program-program yang dikembangkan
4. Unggul manajeman dan leadership-nya
5. Unggul metode pendidikan dan pengajarannya
6. Unggul penampilannya
7. Unggul karya-karya akademiknya
8. Unggul dalam jaringan networking
9. Unggul produk atau lulusannya
Prasyarat Guru Unggul dan Berwibawa
1. Komitmen dan integritas yang tinggi terhadap ilmu yang disandang
2. Karya-karya akademik (tulisan ilmiah dan hasil penelitian) berkualitas tinggi
3. Berpendidikan dan jabatan akademik puncak
4. Jujur, terbuka, dan berdisiplin tinggi
5. Bertanggung jawab terhadap pengembangan lembaga
6. Jaringan kerja (networking) luas, baik inter dan antar ilmuwan
Indikator Komitmen dan Integritas Tinggi
1. Senantiasa menjaga kualitas kerja
2. Kesediaan berkorban membela nama baik lembaga
3. Memiliki rasa memiliki lembaga yang tinggi
4. Selalu memberikan nilai lebih
5. Memposisikan diri sebagai tauladan (uswah hasanah)
Program MTsN 2 Paron
1. Menjadikan madrasah yang bersih, rapi, asri, dan indah
2. Meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja
3. Meningkatkan kualitas akademik
4. Meningkatkan kualitas pelayanan (efektif dan efisien)
5. Meningkatkan spiritualitas, akhlaq dan tatakrama
6. Peningkatan kemampuan berbahasa arab dan inggris
7. Membangun jaringan kerjasama yang semakin luas
8. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan
9. Menyempurnakan dan memperkukuh kelembagaan
10. Meningkatkan kegiatan penelitian, penulisan dan pengabdian kepada masyarakat
11. Memperluas sumber pendanaan dan peningkatan efisiensi
12. Mencari alternatif peningkatan kesejahteraan bersama
Indikator Mimpi MTsN 2 Paron Terwujud
1. Terhindar dari segala penyakit
2. Pandai bersyukur atas nikmat
3. Berbahagia jik aorang lain memperoleh nikmat dan sebaliknya
4. Selalu bersikap baik sangka (husnudzon) dan tidak suka mencurigai orang lain
5. Terhindar dari sikap dengki, iri hati dan pendendam
6. Lapang dada dan pemaaf
7. Muklis
0 komentar:
Post a Comment